Goat milk bottle

Susu sapi memang masih menjadi susu yang paling banyak diminum. Namun tidak sedikit yang mengalami kembung, indigesti (gangguan pencernaan) dan alergi.

Selain itu peternakan sapi juga sering memberikan hormon pertumbuhan, antibiotik, penambah nafsu makan, vaksinasi dan obat-obatan lain. Tak heran jika banyak orang yang mengalami efek negatif dari mengkonsumsi susu sapi pasteurisasi.

Susu kambing adalah alternatif yang jauh lebih menyehatkan. Susu kambing menjadi pemasok 2% dari susu di seluruh dunia. Orang yang mengkonsumsi susu kambing jarang yang mengalami alergi dan gangguan pencernaan.

Compositions (per 100 grams)KAMBINGSAPI
Protein (g)3.13.2
Fat % (g)3.53.9
Calories/100 ml6066
Vitamin A (IU/gram fat)3921
Vitamin B1(thiamin (UG/100/ml)6845
Riboflavin (ug/100 ml)210159
Vitamin C (mg ascorbic acid/100 ml)22
Vitamin D (IU/gram fat)0.70.7
Calcium %0.190.18
Iron %0.070.06
Phosphorus %0.270.23
Cholesterol (mg/100 ml)1014
Sugars (lactose)4.44.8
Saturated fatty acids (g)2.32.4
Monounsaturated fatty acids (g)0.81.1
Polyunsaturated fatty acids (g)0.10.1

Susu kambing membantu menjaga kesehatan Anda dengan banyak cara. Dengan mengkonsumsi susu kambing Anda juga akan terhindar dari efek negatif yang disebabkan oleh susu sapi.

1. Reaksi keradangan
Beberapa penelitian menyebutkan bahwa kebaikan utama susu kambing adalah tidak menyebabkan keradangan. Hal ini menjadi alasan utama bagi pasien penderita inflammatory bowel beralih dari susu sapi ke susu kambing.

2. Membantu metabolisme
Studi yang dilakukan oleh USDA dan A&M University menghubungkan susu kambing dengan peningkatan kemampuan untuk memetabolisme besi dan tembaga, terutama pada individu dengan keterbatasan pencernaan dan penyerapan.

3. Pengganti ASI terbaik
Manfaat utama susu kambing adalah sebagai pengganti ASI. Karena memiliki komposisi kimiawi yang jauh lebih dekat dengan ASI daripada susu sapi, lebih mudah dicerna dan berasimilasi dalam tubuh manusia.

4. Rendah lemak
Kandungan lemaknya yang rendah berarti ukuran molekul lemak dalam susu kambing jauh lebih kecil daripada yang ditemukan pada susu sapi. Hal ini membuat susu kambing lebih mudah dicerna.

5. Tinggi Asam Lemak
Susu sapi mengandung 17% asam lemak, sedangkan susu kambing mengandung hingga 35% asam lemak yang membuatnya lebih bergizi. Faktanya, sampai 50% orang yang mengalami intoleransi laktosa dari susu sapi dapat dengan mudah mencerna susu kambing.

6. Kaya Kalsium
Banyak orang khawatir mereka perlu minum susu sapi untuk memenuhi kebutuhan kalsium mereka dan mendukung kesehatan tulang. Namun ternyata susu kambing mengandung kalsium lebih tinggi dan merupakan pilihan yang lebih sehat daripada susu sapi.

7. Anti alergi dan iritasi
Susu sapi mengandung lemak yang tinggi, yang bisa meningkatkan pembentukan lendir. Selain itu, butiran lemak susu kambing adalah sepersepuluh dari ukuran susu sapi. Ini adalah alasan lain mengapa susu kambing tidak menghasilkan iritasi di usus.

8. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Susu kambing mengandung selenium, mineral penting yang mendukung sistem kekebalan tubuh.

9. Menyehatkan kulit
Asam lemak dan trigliserida yang terdapat dalam susu kambing tidak hanya menyehatkan pencernaan, tapi juga membantu Anda menyehatkan kulit. Kualitas pelembabnya membantu menjaga kulit bayi tetap lembut. Susu kambing juga memiliki kadar vitamin A yang tinggi, yang bisa memperbaiki kulit Anda, melawan jerawat dan memperbaiki kesehatan kulit secara keseluruhan. Asam laktat yang ditemukan dalam susu kambing membantu membersihkan tubuh dari sel kulit mati dan mencerahkan warna kulit.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Chat via WhatsApp