goatmilk

Kampanye tentang konsumsi susu sapi yang terus menerus menjadikannya pilihan pertama untuk pengganti ASI. Namun bukan berarti susu sapi menjadi yang terbaik. Dari segi nutrisi, susu kambing lebih unggul. Bahkan di beberapa negara maju konsumsi susu kambing mengungguli susu sapi.

Beberapa mitos berikut sering dikaitkan dengan susu kambing yang menjadikan beberapa orang takut mengkonsumsinya. Benarkah mitos tersebut?

1. Rasa yang aneh
Mitos ini tidak benar. Susu kambing memang mempunyai rasa yang sedikit berbeda dengan susu sapi. Molekul lemak dan protein yang lebih kecil pada susu kambing bisa tercampur sempurna dan bersifat homogen, menjadikan rasanya lezat dan gurih.

2. Kambing makan sembarangan, susunya tidak sehat
Mitos ini tidak benar. Kambing adalah hewan yang bersih. Bahkan dalam Islam, memeliharanya adalah sunnah atau suatu anjuran. Kambing makan dari daun dan rumput yang ada di padang rumput. Tidak seperti sapi yang kebanyakan peternaknya memberikan pakan tambahan dari pabrik. Pakan alami menghasilkan susu yang bersih, kaya nutrisi dan kental.

Penelitian kandungan gizi dari susu kambing dan susu sapi telah menemukan bahwa susu kambing mengandung bakteri patogen yang jauh lebih sedikit daripada susu sapi.

goat

3. Lebih banyak orang yang minum susu sapi, berarti susu sapi lebih baik
Hal ini tidak benar. Banyak orang yang belum mengerti manfaat dari susu kambing, yang komposisi nutrisinya lebih mendekati ASI. Bahkan penelitian terhadap negara-negara yang konsumsi susu kambingnya tinggi, kasus alergi dan gangguan pencernaan terjadi lebih sedikit dibanding kelompok yang mengkonsumsi susu sapi.

4. Susu kambing mahal dan sulit didapat
Harga susu kambing memang sedikit lebih tinggi daripada susu sapi. Namun jika dibanding dengan manfaat yang didapat, jelas mengkonsumsi susu kambing lebih menguntungkan. Sekarang sudah banyak tersedia susu kambing yang dijual di toko-toko baik berupa susu, kefir, keju maupun yoghurt.

5. Susu kambing dapat menyebabkan alergi
Dalam banyak kasus, anak-anak yang tidak toleran terhadap susu sapi akan mentolerir susu kambing. Hal ini disebabkan susunan kimia susu kambing lebih mendekati ASI daripada susu sapi sehingga mudah dicerna dan tidak menyebabkan alergi.

6. Susu kambing rendah kalsium
Tidak benar. Bahkan susu kambing mengandung jumlah mineral dan vitamin yang paling banyak, termasuk kalsium.

7. Mengandung hormon tambahan
Tidak benar. Kebanyakan peternakan kambing berada di daerah pedesaan dan sumber makanannya adalah daun dan rumput yang masih bersih dari kontaminasi.

disadur dari Karena Tonkin (www.bubsaustralia.com)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Chat via WhatsApp