manfaat-goat-milk

Mengkonsumsi susu kambing mungkin teredengar asing bagi sebagian orang. Namun susu kambing sudah dikenal lebih bernutrisi di banyak negara maju, dan jumlahnya terus bertambah.

Susu kambing kaya dengan protein, kalsium, magnesium, fosfor, kalium, dan vitamin A, B2, C, dan D. Semua nutrisi ini memberikan banyak manfaat untuk kesehatan Anda. Apa saja manfaat susu kambing? Berikut penjelasannya…

1. Baik Untuk Jantung
Susu kambing adalah sumber magnesium yang baik, mineral yang bermanfaat untuk jantung. Magnesium membantu menjaga detak jantung teratur dan bahkan mencegah pembentukan bekuan darah dan meningkatnya kadar kolesterol. Magnesium juga bekerja dengan vitamin D, yang merupakan nutrisi penting lain untuk kesehatan jantung (1).

Susu kambing juga mengandung asam lemak baik, yang lebih banyak daripada susu sapi. Asam lemak ini berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol dan membantu mengobati penyakit jantung koroner. Susu kambing juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik, dan ini adalah satu manfaat tambahan bagi jantung (2).

2. Melawan Keradangan
Penelitian telah mengungkapkan bagaimana susu kambing dapat digunakan sebagai terapi untuk mengobati peradangan pada manusia. Susu kambing dapat memicu respon imun bawaan dan adaptif di tubuh manusia, dan ini dapat membantu melawan peradangan (3).

Sifat anti-inflamasi susu kambing dapat dikaitkan dengan senyawanya yang disebut oligosakarida, yang dapat membantu mengobati penyakit radang usus (4). Oligosakarida ini juga membantu mengurangi peradangan usus (5).

3. Menguatkan Tulang
Susu kambing mengandung kalsium yang tinggi, satu gelas susu kambing segar mengandung 327 miligram mineral. Nilai ini lebih dari yang ditawarkan oleh susu sapi. Menariknya, susu kambing juga kaya vitamin D – nutrisi lain yang meningkatkan penyerapan kalsium dan menguatkan tulang.

Dalam sebuah penelitian, susu kambing digunakan untuk mencegah osteoporosis pada pasien dengan rheumatoid arthritis dan hasilnya memuaskan (6). Susu kambing juga mengandung jenis protein lain yang disebut CSN1S2, yang terbukti memiliki efek anti-osteoporosis (7). Susu juga mencegah demineralisasi tulang (pelunakan tulang). Susu kambing juga meningkatkan regenerasi tulang, yang bisa disebabkan karena kekurangan zat besi (8).

Beli Sekarang

4. Agen Metabolisme yang Baik
Susu kambing adalah agen metabolik yang sangat baik karena meningkatkan pemanfaatan metabolik mineral seperti besi, magnesium, kalsium, dan fosfor (9). Selain itu, susu kambing memiliki beta-kasein A2, yang jauh lebih sehat daripada beta-kasein A1 yang dikandung oleh susu sapi. Beta-casein A2 dianggap sebagai varian beta-casein yang lebih aman, sedangkan A1-nya telah ditemukan dapat memicu diabetes tipe 1 (10).

Beta-casein A2 dalam susu kambing membuatnya paling mendekati dengan ASI, dan hal ini membuktikan susu kambing sangat baik untuk kesehatan manusia. Hal ini juga menyebabkan sedikitnya respon alergi pada bayi pasca periode menyusui (11).

Susu kambing juga baik untuk menurunkan berat badan karena kaya akan protein dan kalsium (nutrisi sering dikaitkan dengan penurunan berat badan yang sehat). Susu kambing juga dapat memberikan sumber energi dan meningkatkan kekebalan tubuh.

5. Mudah Dicerna
Lemak lemak dalam susu kambing lebih kecil, dan ini membuat susu lebih mudah dicerna (12). Setelah mencapai lambung, protein dalam susu kambing membentuk butiran yang lebih lembut daripada susu sapi, dan ini juga mengurangi iritasi yang mungkin dialami seseorang dengan susu sapi.

6. Bekerja dengan baik untuk Intoleransi Laktosa
Susu kambing lebih rendah laktosa dan bisa menjadi pilihan yang tepat bagi siapa saja yang tidak toleran laktosa. Susu kambing juga mudah dicerna oleh orang-orang dengan pencernaan yang sensitif.

7. Lebih Baik Dari Susu Sapi
Susu kambing jauh lebih baik daripada susu sapi dalam hal daya cerna. Oleh karena itu, susu kambing adalah pilihan yang bagus bagi Anda dengan masalah pencernaan. Juga, karena ditoleransi dengan baik oleh individu intoleran laktosa, susu kambing tidak menyebabkan peradangan.

8. Meningkatkan Kesehatan Otak
Penelitian telah menunjukkan bagaimana lipid dalam susu kambing dapat mengurangi stress. Susu kambing juga mengandung asam linoleat terkonjugasi, yang diketahui mempengaruhi perkembangan otak (13).

9. Baik Selama Kehamilan
Konsultasikan dengan Dokter Anda untuk kebutuhan nutrisi yang tepat.

10. Mencegah Anemia
Susu kambing memiliki bioavailabilitas zat besi yang lebih tinggi dan meningkatkan penyerapan zat besi. Yang dapat membantu mencegah anemia (14).

11. Menyeimbangkan Tingkat pH Tubuh
Susu kambing bersifat basa dan lebih mendekati pH ASI, yang dapat menyeimbangkan kadar pH tubuh.

12. Meningkatkan Kesehatan Kulit
Susu kambing kaya akan asam lemak esensial dan trigliserida, yang membuatnya sangat baik untuk kulit. Dan karena bersifat basa, susu kambing tidak mengiritasi kulit. Selain itu, susu kambing mengandung vitamin A – yang merupakan salah satu nutrisi penting bagi kulit. Asam laktat dalam susu kambing berfungsi menghidrasi dan mencerahkan kulit.

13. Dapat Meningkatkan Kesehatan Rambut
Rambut Anda harus memiiki pH seimbang dengan bagian tubuh lainnya, itulah sebabnya mengapa susu kambing bisa bekerja menyehatkan rambut.

Beli Sekarang

Referensi

  1. “Comparison of Surti goat milk…”. US National Library of Medicine.
    2. “Goat milk feeding causes…”. US National Library of Medicine.
    3. “Anti-inflammatory and anti…”. US National Library of Medicine.
    4. “Goat milk oligosaccharides are…”. US National Library of Medicine.
    5. “Oligosaccharides isolated from…”. US National Library of Medicine.
    6. “Clinical efficacy of instant goat milk…”. US National Library of Medicine.
    7. “The anti-osteoporosis effects of…”. ScienceDirect.
    8. “Goat milk during iron repletion…”. US National Library of Medicine.
    9. “Goat’s milk is more…”. ScienceDaily.
    10. “How goat’s milk is healthier than cow’s milk”. National Park Service.
    11. “Goat milk is less immunogenic…”. US National Library of Medicine.
    12. “Comparison between…”. US National Library of Medicine.
    13. “Anxiety behavior is reduced…”. US National Library of Medicine.
    14. “Bioavailability of iron in goat milk…”. US National Library of Medicine.

Disadur dari Style Craze (www.stylecraze.com)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *